Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Cara Kerjanya

Pada saat ini, penggunaan energi alternatif seperti pembangkit listrik tenaga surya atau yang biasa dikenal dengan sebutan PLTS semakin diminati oleh banyak orang. Hal tersebut dapat terjadi karena PLTS dapat memberikan keuntungan yang banyak. Salah satu keuntungannya yaitu sangat ekonomis. Yuk mengenal lebih dalam mengenai pembangkit listrik yang satu ini beserta cara kerjanya disini!

Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Dalam Tentang PLTS

Zaman dimana semua serba digital seperti saat ini, listrik menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Pasalnya tanpa ada aliran listrik, peralatan elektronik tidak akan dapat digunakan atau berfungsi dengan semestinya. Tak hanya sebagai kebutuhan primer saja, listrik juga menjadi sumber penerangan dan kebutuhan dasar untuk segala aktivitas kehidupan manusia.

Berkat adanya kemajuan teknologi dan peralatan elektronik semakin banyak, menjadikan kebutuhan listrik semakin meningkat. Hal tersebut bisa mengakibatkan krisis listrik terjadi kapan saja. Oleh karenanya, berbagai sumber energi alternatif diciptakan untuk dapat mencegah hal tersebut terjadi pada kehidupan manusia.

Salah satu energi alternatif yang hadir untuk memenuhi kebutuhan primer manusia adalah PLTS. Pembangkit listrik yang satu ini disebut sebagai energi alternatif karena memang prosesnya mengandalkan energi surya atau energi panas dari matahari. Dari energi surya tersebut, kemudian diserap oleh panel dan diproses sehingga dapat menjadikan energi listrik.

 

Sistem Kerja Dari Pembangkit Listrik Yang Berasal Dari Tenaga Surya

Pembangkit listrik satu ini memiliki dua sistem kerja yang berbeda. Sistem kerja yang pertama yakni menggunakan cara fotovoltaik. Yang dimaksud dengan fotovoltaik adalah mengubah energi cahaya menjadi energi listrik secara langsung. Sedangkan sistem kerja yang kedua yakni lebih dikenal dengan sebutan tidak langsung karena memanfaatkan pemusatan energi matahari.

Kedua sistem kerja tersebut masing masing memiliki proses tersendiri. Pada fotovoltaik, proses penghasilan listriknya dilakukan secara langsung. Untuk dapat mengubah energi panas menjadi listrik, dibutuhkan komponen penting yang bernama sel fotovoltaik. Sel surya inilah yang berperan penting untuk penangkapan panas matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Sedangkan pada sistem tidak langsung, proses pemerolehan listriknya didapatkan dari pemusatan energi dengan menggunakan bantuan sistem cermin dan lensa. Dalam sistem ini, terdapat kombinasi dengan sistem pelacak untuk dapat memfokuskan sinar matahari ke dalam satu titik mesin kalor.

Pada umumnya, sel surya bisa menghasilkan energi listrik dengan jumlah yang tidak terbatas. Terlebih, pembangkit listrik tenaga surya juga tidak memerlukan bahan bakar tambahan. Cukup dengan menggunakan sinar matahari, listrik bisa dihasilkan. Sehingga, sistem kerja satu ini terbilang sangat ramah lingkungan.

Sistem kerja yang dimiliki oleh pembangkit listrik satu ini memang sangat berpengaruh untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika anda mulai beralih ke energi alternatif ini. Hanya dengan DP 0% anda sudah bisa memperoleh produk panel surya, PLTS, hingga solar panel yang terbaik dari SUN Energy.

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *